Kebijakan Pengembalian Produk
A. Pendahuluan
B. Ketentuan Pengembalian Produk
-
Tanpa mengurangi ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan Palette, Pengguna berhak untuk melakukan pengembalian (return) dan mendapatkan pengembalian uang pembelian Produk dengan tunduk pada ketentuan-ketentuan dan prosedur pengembalian Produk dalam Kebijakan Pengembalian Palette ini.
-
Pengguna dapat mengajukan pengembalian dalam hal Produk diterima oleh Pengguna dalam keadaan cacat, rusak, tidak lengkap, atau tidak sesuai dengan pesanan Pengguna dan/atau dengan deskripsi atas Produk yang tersedia di laman dalam Platform, dan/atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya (selanjutnya disebut sebagai “Keadaan Defect”), yang mana bukan timbul dari atau sehubungan dengan kesalahan dari Pengguna.
-
Pengguna dapat mengajukan pengembalian Produk dalam jangka waktu maksimal 7x24 jam sejak Produk telah sampai di alamat tujuan Pengguna yang dibuktikan dengan status pengiriman dari perusahaan logistik terkait.
-
Dalam pengajuan pengembalian Produk, Pengguna wajib menyertakan video unboxing paket Produk yang diterima dan foto Produk sebagai suatu bukti yang sah bahwa Produk yang diterima dalam Keadaan Defect.
-
Pengguna memahami bahwa segala jenis kupon, voucher, atau bentuk-bentuk promosi lainnya yang Pengguna gunakan pada saat pembelian Produk tidak dapat dikembalikan dalam bentuk apapun.
-
Pengguna memahami bahwa beberapa jenis Produk tertentu tidak dapat dikembalikan karena alasan-alasan berikut, antara lain:
-
Pada saat pembelian, Produk tunduk pada suatu program sale atau promosi; atau
-
Produk tidak dapat dikembalikan atas alasan kebersihan dan kesehatan, seperti pakaian dalam.
- Uang pembelian Produk akan dikembalikan oleh Palette kepada Pengguna melalui transfer ke rekening Pengguna apabila:
-
Pengajuan Produk dari Pengguna telah diverifikasi oleh Palette dan telah memenuhi setiap ketentuan dan prosedur pengembalian Produk yang berlaku; dan
-
Setelah diterima di Gudang Palette (sebagaimana didefinisikan di bawah), Produk telah diverifikasi oleh Palette dan dinyatakan memenuhi persyaratan untuk dikembalikan.
- Dalam hal Produk yang telah diterima di gudang yang ditunjuk Palette (“Gudang Palette”) tidak lolos verifikasi Palette dan atas pertimbangan Palette, dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk dikembalikan, Palette akan mengembalikan Produk ke Pengguna dengan ongkos kirim yang akan ditanggung oleh Pengguna.
C. Prosedur Pengembalian Produk
-
Pengguna wajib mengisi Formulir Pengembalian Produk dalam jangka waktu sebagaimana disebutkan dalam poin B.3 Kebijakan Pengembalian.
-
Customer Service Palette akan menghubungi Pengguna melalui WhatsApp ke nomor telepon genggam Pengguna yang tertera dalam Formulir Pengembalian Produk, untuk memberikan konfirmasi bahwa pengajuan pengembalian Produk Pengguna telah diterima dengan baik oleh Palette.
-
Pengguna akan diminta oleh Customer Service Palette untuk mengirimkan video unboxing paket Produk yang diterima dan foto Produk, yang mana menampilkan Keadaan Defect melalui WhatsApp.
-
Pengguna akan menerima konfirmasi dari Customer Service Palette terkait pengembalian Produk dalam waktu 5 (lima) hari kerja sejak video unboxing dan foto Produk diterima oleh Palette. Dalam hal pengajuan pengembalian Pengguna disetujui oleh Palette, Customer Service Palette akan memberikan konfirmasi melalui WhatsApp kepada Pengguna beserta informasi terkait prosedur lebih lanjut pengembalian Produk termasuk alamat Gudang Palette.
-
Atas konfirmasi sebagaimana dimaksud dalam poin C.4 di atas, Pengguna dapat mengirimkan Produk dalam waktu maksimal 2 (dua) hari kerja ke alamat Gudang Palette yang diinformasikan oleh Customer Service Palette.
-
Setelah Produk diterima di Gudang Palette, Produk akan melalui proses verifikasi selama 5 (lima) sampai 7 (tujuh) hari kerja. Dalam hal Produk yang dikembalikan tidak lolos verifikasi Palette dan atas pertimbangan Palette, dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk dikembalikan, Customer Service Palette akan menghubungi Pengguna dan Produk akan dikembalikan ke Pengguna dengan ongkos kirim yang akan ditanggung oleh Pengguna.
-
Dalam hal Produk yang dikembalikan lolos verifikasi Palette dan memenuhi persyaratan untuk dikembalikan, Customer Service Palette akan memberikan konfirmasi kepada Pengguna dan Palette akan mengembalikan uang pembelian Produk ke nomor rekening Pengguna yang disediakan dalam di Formulir Pengembalian Produk.