ATURAN PENGGUNAAN

Pendahuluan

Sebelum memutuskan melakukan transaksi pembelian Produk melalui Platform Palette, Pengguna wajib terlebih dahulu mempelajari Aturan Penggunaan Palette.

Aturan Penggunaan ini mengatur penggunaan seluruh Layanan yang terdapat pada Platform yang berlaku terhadap seluruh Pengguna dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Palette. Dengan mendaftar Akun Palette dan/atau menggunakan Platform, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Aturan Penggunaan ini. 

Saat menggunakan bagian Layanan tertentu, Pengguna akan tunduk pada persyaratan, kebijakan, atau pedoman tambahan yang berlaku untuk bagian Layanan tersebut yang dimuat pada Platform dari waktu ke waktu, termasuk Kebijakan Privasi, Kebijakan Pengembalian Produk. Semua ketentuan, kebijakan, dan pedoman tersebut merupakan muatan dan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan ketentuan dalam Aturan Penggunaan ini.

ATURAN PENGGUNAAN INI MERUPAKAN BENTUK KESEPAKATAN YANG MERUPAKAN PERJANJIAN SAH DAN MENGIKAT ANTARA PENGGUNA DAN PALETTE. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI SELURUH KETENTUAN DALAM ATURAN PENGGUNAAN INI UNTUK MENGGUNAKAN SETIAP LAYANAN DI PLATFORM. JIKA PENGGUNA TIDAK MENYETUJUI SALAH SATU, SEBAGIAN, ATAU SELURUH ISI ATURAN PENGGUNAAN INI, MAKA PENGGUNA TIDAK DIPERKENANKAN MENGGUNAKAN LAYANAN/PLATFORM ATAU MELANJUTKAN PROSES TRANSAKSI PRODUK PALETTE.

 

Definisi

Dalam Aturan Penggunaan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Afiliasi adalah hubungan antara perusahaan dengan pihak yang secara langsung atau tidak langsung mengendalikan, dikendalikan, atau di bawah satu pengendalian dari perusahaan tersebut.
  2. Akun adalah data tentang Pengguna, yang setidaknya terdiri dari, antara lain, nama lengkap, password, dan email yang wajib diisi oleh Pengguna. 
  3. Aturan Penggunaan adalah perjanjian antara Pengguna dan Palette yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Palette, serta tata cara penggunaan sistem Layanan Palette.   
  4. Data Pribadi adalah data atau informasi terkait dengan Pengguna yang dapat teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non elektronik. 
  5. Fitur adalah fungsi, karakteristik khusus, fasilitas yang ditawarkan atau disediakan oleh Palette. 
  6. Kebijakan Pengembalian Produk adalah kebijakan Palette kepada Pengguna terkait kondisi atau persyaratan Produk yang dapat dikembalikan atau ditukar, tata cara dan proses pengembalian Produk, yang dapat diakses pada tautan Kebijakan Pengembalian Produk dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Aturan Penggunaan ini.
  7. Konten adalah setiap dan seluruh materi yang ditampilkan pada Platform, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, teks, data, grafik, musik, artikel, desain, kode sumber (source code), perangkat lunak, audio, video, foto, gambar, informasi atau materi lainnya.
  8. Layanan adalah secara kolektif: (i) Platform; (ii) Konten, fitur, layanan, dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama Palette, termasuk layanan Partner; dan pemberitahuan email, tombol, widget, dan iklan termasuk kerjasama Palette dengan pihak ketiga untuk pengembangan aplikasi dan pengembangan kegiatan usaha Palette.
  9. Palette adalah platform atau layanan yang disediakan oleh PT Buka Mitra Indonesia yang khusus dibuat untuk menawarkan Produk dari Penyedia Produk atau Partner kepada Pengguna dan untuk mempermudah transaksi jual-beli Produk. Oleh karenanya penyebutan Palette dalam Syarat dan Ketentuan merujuk kepada PT Buka Mitra Indonesia dan/atau Afiliasinya sebagaimana berlaku.
  10. Pengguna adalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses Platform, termasuk namun tidak terbatas pada pengunjung Platform, user offline, pengguna website Palette atau Palette lainnya yang mana wajib mematuhi Aturan Penggunaan beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Palette, dan syarat ketentuan masing-masing Produk/Layanan/Fitur.
  11. Penyedia Produk adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Palette untuk menyediakan Produk yang akan dijual kembali oleh Palette melalui Platform.
  12. Partner adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Palette untuk menyediakan jasa pengiriman Produk, jasa pembayaran dan/atau jasa lainnya kepada para Pengguna melalui Platform.
  13. Platform adalah situs resmi Palette di alamat https://www.palette.co.id yang dapat diakses melalui perangkat komputer, laptop, seluler dan/atau perangkat Pengguna lainnya.
  14. Produk adalah barang dan/atau jasa yang disediakan oleh Penyedia Produk atau Partner yang ditayangkan pada Platform dan dapat dibeli olehPengguna melalui Platform, yang merupakan produk-produk pakaian pilihan dari Korea Selatan.
  15. Syarat dan Ketentuan adalah Aturan Penggunaan ini, Kebijakan Privasi, Kebijakan Pengembalian Produk dan syarat dan ketentuan masing-masing Produk/Layanan/Fitur dan ketentuan-ketentuan lain yang mengatur hubungan hukum antara Pengguna dengan Palette, Penyedia Produk dan/atau Partner, sebagaimana berlaku.

 

Layanan

  1. Platform Palette
    1. Palette mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melakukan pembelian Produk dan/atau menggunakan Fitur/Layanan yang sesuai dengan Aturan Penggunaan.
    2. Palette menawarkan Produk yang disediakan oleh Penyedia Produk dan dijual Palette melalui Platform, dimana Pengguna dapat melakukan transaksi pembelian atas Produk melalui Platform.
    3. Palette dapat membantu memfasilitasi penyelesaian perselisihan, dan dapat memberikan jaminan-jaminan tertentu yang dinyatakan dalam Layanan, Palette tidak menjamin (i) keberadaan, kuantitas, kualitas, keamanan, atau legalitas barang yang diiklankan; (ii) kebenaran atau keakuratan daftar penjual; (iii) kemampuan penjual untuk menjual barang; (iv) bahwa Pengguna atau Penjual akan benar-benar menyelesaikan suatu transaksi atau mengembalikan suatu barang; atau (v) pengalihan sah suatu barang dari Penjual kepada Pengguna.
    4. Segala informasi yang dipublikasikan pada Platform hanya dapat digunakan untuk tujuan informasi dan bukan sebagai saran, rekomendasi atau ajakan untuk menjual atau membeli suatu Produk tertentu yang terdapat dalam Platform. Palette berusaha dengan itikad baik untuk memberikan informasi yang akurat, namun tidak menjamin bahwa informasi yang diberikan adalah tanpa adanya kesalahan, kelalaian, ketidakakuratan teknis atau faktual ataupun kesalahan ketik.
    5. Palette berwenang melakukan penyaringan awal terhadap Pengguna di Platform, sehingga Palette berhak untuk melakukan pemblokiran akun Pengguna di Platform apabila dianggap perlu dari waktu ke waktu. Keputusan Palette merupakan keputusan mutlak yang tidak dapat diubah/digugat oleh Pengguna.
  2. Produk Palette
    1. Palette berusaha sebaik mungkin untuk memastikan bahwa Produk yang ditampilkan dalam Platform sesuai dengan aslinya, meskipun terdapat kemungkinan adanya sedikit perbedaan atas Produk yang Pengguna terima dengan seperti yang terlihat dalam Platform karena pencahayaan selama pemotretan, tampilan monitor atau media tampilan atau lainnya.
    2. Palette berhak untuk menarik setiap Produk dari Platform setiap saat dan/atau menghapus atau mengubah semua materi atau Konten di Platform. Palette akan melakukan upaya terbaik untuk selalu memproses semua pemesanan, tetapi mungkin terdapat keadaan khusus sehingga Palette mungkin perlu menolak untuk memproses pemesanan setelah Palette telah mengirimkan konfirmasi pemesanan, di mana Palette berhak untuk melakukannya kapan saja, sesuai dengan kebijakan Palette.
    3. Harga yang tercantum pada Platform adalah harga yang sebenarnya, kecuali jika terdapat kesalahan yang diluar kendali Palette. Harga dapat berubah dari waktu ke waktu, namun pemesanan Pengguna tidak akan terpengaruh atas perubahan harga pada Platform apabila pemesanan Pengguna telah memasuki tahap konfirmasi pemesanan.
    4. Dengan membeli Produk, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi syarat ketentuan dan deskripsi terkait Produk.
  3. Sistem Pembayaran
    Palette bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di Platform bagi para Pengguna. Metode Pembayaran yang disediakan melalui Platform, antara lain:
    1. Virtual Account;
    2. Dompet Elektronik;
    3. VISA;
    4. Mastercard; dan
    5. QRIS.

 

Metode Pengiriman Produk

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk syarat dan ketentuan terkait pengiriman Produk ditentukan oleh Palette dan/atau Partner.
  2. Pengguna memahami, menyetujui, serta mengikuti ketentuan-ketentuan pengiriman Produk yang telah ditentukan oleh Palette dan/atau Partner.
  3. Palette, tidak bertanggung jawab atas, antara lain keaslian, kesesuaian, kebenaran maupun ketepatan Produk atau deskripsi Penyedia Produk.
  4. Produk akan langsung dikirimkan ke alamat Pengguna oleh Palette dengan bantuan Partner freight forwarder Palette sesuai dengan pesanan Pengguna.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa tanggung jawab pengiriman Produk ke alamat Pengguna yang dituju merupakan tanggung jawab Partner freight forwarder Palette sepenuhnya, termasuk namun tidak terbatas pada setiap risiko cukai di bea cukai yang mungkin timbul sehubungan dengan pengiriman Produk tersebut.
  6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna akan melepaskan Palette dari segala tanggung jawab sehubungan dengan pengiriman Produk oleh Partner freight forwarder Palette termasuk setiap kerugian dan/atau biaya yang mungkin timbul dari atau sehubungan dengan pengiriman Produk oleh Partner freight forwarder Palette.
  7. Untuk Produk tertentu dapat dilakukan proses pengembalian barang, pengiriman barang akan dilakukan oleh kurir ke masing-masing Pengguna. Ketentuan proses pengembalian barang dapat dilihat lebih lanjut dalam Kebijakan Pengembalian Produk.

 

Pengguna, Akun, Keamanan, dan Password

Persyaratan wajib bagi Pengguna untuk mengakses layanan di Platform, antara lain:

  1. Pengguna wajib berusia minimal 18 tahun (kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia). Pengguna yang belum genap berusia 18 tahun wajib memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali untuk menggunakan dan/atau mengakses layanan di Platform dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul terkait penggunaan layanan di Platform.
  2. Pengguna wajib membaca, memahami serta menyetujui semua ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan ini.
  3. Palette tidak memungut biaya apapun pada tahap pendaftaran Akun kepada Pengguna. Untuk fitur atau Layanan tertentu, Palette mengenakan biaya sebagaimana diinformasikan dalam Platform. Palette berhak mengubah atau menghentikan, untuk sementara atau selamanya, sebagian atau semua biaya tersebut (termasuk untuk promosi), dan perubahan tersebut efektif ketika Palette memuat informasi tentang perubahan tersebut melalui Layanan atau Platform. 
  4. Pengguna yang memiliki akun di Platform Palette, wajib mengisi data pribadi secara lengkap sesuai dengan identitas pribadinya di halaman profil Palette.
  5. Pengguna wajib menyampaikan informasi yang benar, jelas, jujur, tepat, lengkap dan terbaru dari diri Pengguna dalam rangka penggunaan Platform Palette dari waktu ke waktu.
  6. Pengguna bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas setiap informasi yang diberikannya kepada Palette.
  7. Ketika Pengguna mendaftar dan membuat Akun, Pengguna bebas memilih nama apa pun untuk mengidentifikasi diri Pengguna. Apabila terdapat keluhan yang disampaikan kepada Palette oleh Pengguna lain yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan nama palsu oleh Pengguna, Palette, atas kebijakan dan pertimbangannya sendiri dan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, dapat melakukan penangguhan atau penonaktifan Akun Pengguna.
  8. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi Akun Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi Akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun. Palette atau petugas Palette tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform ketika Pengguna masuk ke Akun Pengguna melalui Platform pada device/perangkat Pengguna). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  9. Pengguna dilarang menggunakan robot, spider, proses atau sarana untuk mengakses layanan untuk tujuan apapun, atau perangkat otomatis lainnya, termasuk namun tidak terbatas untuk memantau atau menyalin setiap bahan yang ada pada layanan di Platform.
  10. Pengguna bertanggung jawab dan wajib menjaga keamanan dari Akun termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan email dan password milik Pengguna.
  11. Demi keamanan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi di Platform diwajibkan untuk menggunakan metode pembayaran yang disediakan oleh Palette. 
  12. Dalam hal Pengguna melakukan pelaporan dan/atau aduan atas layanan di Platform dan/atau Syarat dan Ketentuan, maka setiap laporan dan/atau aduan tersebut wajib disampaikan dengan itikad baik dan dengan tujuan menyelesaikan masalah.
  13. Pengguna dilarang menggunakan Platform untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
  14. Pengguna wajib bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya kepada Palette. 
  15. Palette berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna untuk memblokir penggunaan Platform atau Layanan jika Pengguna melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  16. Pengguna dilarang membuat Akun Palette dalam jumlah banyak dengan tujuan menghindari batasan pembelian, konsekuensi Aturan Penggunaan, dan/atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  17. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari Akun Pengguna di akhir setiap sesi dan memberitahu Palette jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  18. Pengguna dianggap telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dalam setiap transaksi di Palette, dan tidak akan melakukan tindakan apa pun yang melanggar peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
  19. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terkait Aturan Penggunaan oleh Pengguna, Palette berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain dan Platform.
  20. Palette tidak memungut biaya pendaftaran Akun Palette kepada Pengguna.
  21. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Palette tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan Akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses Akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode otentikasi, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Akun Pengguna.
  22. Demi keamanan Pengguna, Palette menyarankan agar Pengguna mengubah password dari waktu ke waktu secara berkala untuk menjaga kerahasiaan Akun milik Pengguna.
  23. Palette atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan akun Pengguna untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Palette menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Palette dan jika Akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.
  24. Pengguna menjamin bahwa identitas/data pribadi yang Pengguna daftarkan dalam pembuatan Akun Palette merupakan identitas/data pribadi milik Pengguna sendiri bukan milik pihak manapun.
  25. Pengguna akan senantiasa bekerja sama dengan Palette untuk menyelidiki dan menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan ini dengan memberikan Palette (beserta pihak yang ditunjuk dan auditor independen) hak akses atas data pribadi dan/atau perangkat Pengguna yang digunakan Pengguna untuk membuka/mengakses Platform. Dalam hal ini, Pengguna memberikan wewenang kepada Palette untuk bekerja sama dengan pihak berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, instansi pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi, penyedia jasa jaringan internet, penyedia jasa data center, dan lain-lain) tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna.
  26. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mempengaruhi/menurunkan/mengganggu layanan, perangkat lunak, perangkat keras, sistem, jaringan yang digunakan Pengguna lain untuk mengakses Platform.
  27. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mengganggu dan/atau berdampak buruk pada Palette, jaringan internet, infrastruktur atau produk Palette, serta menimbulkan efek merugikan bagi keberlangsungan kegiatan usaha Palette.
  28. Pengguna dilarang menggunakan layanan Palette untuk menyamar/memalsukan dirinya sebagai seseorang/pihak lain secara melawan hukum untuk menyesatkan dan/atau menipu orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja.
  29. Pengguna dilarang menggunakan Platform dengan tujuan mengumpulkan data pribadi Pengguna dengan tujuan melanggar Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  30. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Palette. 

 

Transaksi

  1. Pengguna wajib melakukan transaksi atas Produk sesuai dengan Syarat dan Ketentuan.
  2. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami dan menyetujui Aturan Penggunaan, syarat ketentuan, informasi atau deskripsi dari Produk sebelum melakukan transaksi Produk.
  3. Harga Produk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Persediaan yang tersedia dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Sehingga, jika pesanan Pengguna dibatalkan karena alasan apa pun, Pengguna mungkin tidak dapat membeli Produk yang sama dengan Produk yang semula dipesan oleh Pengguna, dan jika Produk yang sama tersedia, mungkin tidak tersedia dengan harga yang sama dengan pembelian awal Pengguna.
  4. Palette berhak menolak atau membatalkan transaksi Produk apabila Palette mengetahui adanya pelanggaran Syarat dan Ketentuan, permasalahan pada Akun atau berdasarkan kebijakan Palette. 
  5. Hak milik dan setiap dan seluruh risiko atas Produk yang Pengguna beli beralih kepada Pengguna setelah Produk dikirimkan melalui penyedia jasa pengiriman yang merupakan Partner Palette. 

 

Pengiriman Produk

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk aturan terkait dengan syarat dan ketentuan pengiriman Produk ditentukan oleh Palette dan/atau Partner.
  2. Produk akan dikirimkan ke alamat Pengguna melalui penyedia jasa pengiriman yang merupakan Partner Palette. 
  3. Pengguna wajib memastikan detail informasi, alamat dan keterangan yang disampaikan melalui Platform telah lengkap, akurat, benar dan sesuai. Pengguna bertanggung jawab apabila terdapat tambahan biaya yang disebabkan kesalahan atau ketidak akuratan informasi yang disampaikan hingga berpengaruh pada pengiriman Produk.
  4. Pengguna tidak dapat mengubah detail informasi termasuk alamat yang telah disampaikan melalui Platform setelah pemesanan dan pembayaran dilakukan.
  5. Waktu pengiriman yang diinformasikan kepada Pengguna adalah perkiraan dan tidak dijamin. Pengiriman mungkin terpengaruh oleh penundaan terkait cuaca, batasan jasa pengiriman, atau peristiwa lain di luar kendali.
  6. Palette melayani permintaan untuk pengembalian atas Produk sesuai dengan ketentuan pada Kebijakan Pengembalian Produk. Dengan melakukan pembelian Produk pada Platform, maka Pengguna telah dianggap menyetujui Kebijakan Pengembalian Produk. 

 

Pembatalan dan Pengembalian

  1. Palette berhak untuk membatalkan pesanan atas kebijakan Palette sendiri. Apabila pesanan yang dibatalkan oleh Palette adalah pesanan yang telah dibayarkan oleh Pengguna melalui Platform, dana yang telah dibayarkan akan dikembalikan ke rekening Pengguna yang terdaftar di Palette setelah Palette melakukan proses verifikasi atas pengajuan pengembalian dana atas pesanan yang dibatalkan oleh Palette dan informasi yang disampaikan Pengguna, selama 5 (lima) hari kerja.
  2. Pengguna tidak dapat membatalkan pesanan setelah pembayaran berhasil dilakukan melalui Platform. 
  3. Produk terkirim yang diklaim tidak diterima oleh Pengguna tunduk pada penyelidikan Palette, dan Palette mungkin akan meminta Pengguna untuk menandatangani dan mengembalikan kepada Palette surat pernyataan terkait tidak diterimanya Produk sebelum memeriksa klaim Pengguna. 
  4. Klaim terkait ketidaksesuaian dengan deskripsi Produk, rusak, cacat, tidak sesuai pesanan atau lainnya hanya akan diproses apabila Pengguna menyediakan dokumentasi yang memadai termasuk video pembukaan kemasan (unboxing) atas Produk yang diterima. 
  5. Pengembalian dana ke rekening Pengguna dilakukan sesuai kebijaksanaan Palette setelah proses verifikasi terkait klaim-klaim Pengguna telah selesai dilakukan oleh Palette dan dinyatakan sesuai dengan informasi dan dokumentasi yang disampaikan Pengguna. 
  6. Pengguna bertanggung jawab memastikan data-data yang disampaikan kepada Palette lengkap, akurat, benar dan sesuai serta menanggung biaya pengiriman Produk yang dikembalikan. Palette tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian atau lainnya yang timbul akibat kesalahan Pengguna.
  7. Ketentuan dan prosedur pengembalian Produk diatur lebih lanjut dalam Ketentuan Pengembalian Produk.

 

Promosi

  1. Palette dapat mengadakan promosi sewaktu-waktu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak Palette. Syarat dan ketentuan yang dibuat mungkin akan berbeda-beda pada setiap kegiatan promosi. Pengguna wajib untuk membaca dan memahami secara seksama syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi tersebut dari waktu ke waktu.
  2. Setiap Pengguna hanya diperbolehkan menggunakan 1 (satu) Akun untuk setiap kegiatan promosi. Jika ditemukan adanya Pengguna yang membuat lebih dari 1 (satu) Akun untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan promosi tersebut, Palette dapat melakukan tindakan yang dianggap perlu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna tersebut. Tindakan tersebut dapat berupa pembatalan transaksi, pembatalan voucher, pemblokiran Akun Pengguna, atau tindakan hukum apabila ditemukan tindak kecurangan dari Pengguna.
  3. Palette berhak melakukan pembatalan transaksi berkaitan dengan promosi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu demi kenyamanan Pengguna lain dan keamanan.
  4. Palette berhak mengubah syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi yang diadakan oleh pihak Palette dari waktu ke waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.

 

Data Pengguna

  1. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa Palette dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi dan/atau informasi tentang penggunaan Layanan oleh Pengguna di Platform.
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Palette (termasuk perusahaan terafiliasi dan partner resmi yang bekerja sama dengan Palette) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna melalui Platform untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna. Detail mengenai data pengguna tercantum di dalam Kebijakan Privasi.
  3. Palette berhak mengungkapkan data Pengguna untuk proses hukum dan/atau permintaan pihak instansi pemerintah, penegak hukum, dan pihak berwenang resmi lainnya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  4. Setiap informasi yang diperoleh Palette dari Pengguna melalui akses fasilitas transaksi online dari waktu ke waktu akan diperlakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi.
  5. Pengguna sepenuhnya menyadari, mengakui dan menyetujui akan bertanggung jawab sepenuhnya atas setiap kerugian maupun tuntutan yang timbul terhadap Palette atas akibat ketidakbenaran data dan informasi yang Pengguna sampaikan kepada Palette melalui fasilitas transaksi online ini.
  6. Palette berhak untuk melakukan verifikasi atas keaslian dan keabsahan data Pengguna yang digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi online. Palette dapat menangguhkan penggunaan Akun apabila diketahui bahwa informasi yang diberikan Pengguna adalah tidak benar.

Force Majeure 

Palette dan Penyedia Produk tidak bertanggung jawab atas kegagalan atau keterlambatan dalam melaksanakan kewajibannya berdasarkan Aturan Penggunaan ini yang timbul dari peristiwa yang diakibatkan oleh suatu sebab yang berada di luar kemampuan atau kekuasaan Palette dan/atau Penyedia Produk (force majeure), serta Palette berhak untuk membatalkan, menunda, dan melakukan perubahan apapun atas Produk yang disebabkan  oleh force majeure. Yang dimaksud dengan force majeure meliputi antara lain (i) pemogokan kerja masal, penutupan perusahaan, dan aksi industrial lain; (ii) huru-hara, demonstrasi, kerusuhan, invasi, perebutan kekuasaan, sabotase, embargo, perubahan drastis politik/ekonomi,  serangan atau ancaman teroris, perang (baik yang dinyatakan atau tidak) atau ancaman persiapan perang; (iii) gempa bumi, angin puyuh, tanah longsor, banjir, kebakaran, ledakan, badai, bencana alam lainnya, wabah yang bersifat epidemi atau pandemi yang dikuatkan ataupun tidak oleh pernyataan dari pihak yang berwenang dalam hal itu, serta diundangkannya peraturan perundang-undangan baru yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi pelaksanaan Aturan Penggunaan, yang mengakibatkan tidak dapat dilaksanakannya kewajiban para pihak berdasarkan  Aturan Penggunaan ini; (iv)  tidak tersedianya atau terganggunya penggunaan jaringan Platform (termasuk jalur transportasi); (v) tidak tersedianya atau terganggunya  jaringan telekomunikasi, sistem informasi dan teknologi, matinya atau tidak tersedianya jaringan internet yang bersifat luas, atau tersambar petir; (vi) terdapatnya kegagalan sistem yang diakibatkan pihak ketiga yang terjadi di luar wewenang para pihak (contoh: hacking sistem oleh pihak ketiga dan/atau virus); (vii) tindakan, putusan, undang-undang, peraturan atau pembatasan yang diterbitkan pemerintah terkait pelaksanaan Aturan Penggunaan ini; dan (viii) perubahan terhadap kondisi di bidang ekonomi dan keuangan, serta pembatasan yang dilakukan otoritas regulator terkait penggunaan Produk. 

 

Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Layanan dan/atau Aturan Penggunaan ini akan diselesaikan secara eksklusif melalui BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang didirikan pada 30 November 1977 berdasarkan Keputusan Kamar Dagang Indonesia No. SKEP/152/DPH/1977, yang mana peraturan BANI dianggap dimasukkan dalam Aturan Penggunaan ini.

 

Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk melepaskan Palette dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Palette (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) dari segala klaim atau tuntutan, kewajiban, kerugian, dan biaya hukum yang wajar Pengguna dan/atau pihak ketiga yang timbul akibat kesalahan Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran Aturan Penggunaan ini, penggunaan Layanan, dan transaksi di Platform yang tidak semestinya, pelanggaran terhadap hak pihak ketiga, pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

 

Sanksi

Palette memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun Pengguna, termasuk akun yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar Syarat dan Ketentuan serta tidak sesuai dengan standar kualitas pelayanan yang disepakati sesuai dengan ketentuan peraturan, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan Layanan, membatasi jumlah pembuatan Akun, membatasi atau mengakhiri hak setiap Pengguna untuk menggunakan Layanan, maupun menutup Akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pemilik Akun yang bersangkutan.

  1. Sanksi Umum
    1. pemblokiran Akun; 
    2. pelaporan kepada pihak yang berwajib; dan/atau
    3. tindakan lain yang dimungkinkan hukum dan peraturan yang berlaku. 
  2. Sanksi Terhadap Pelanggaran Dalam Transaksi
    1. Pemotongan penggunaan voucher;
    2. Pembekuan dan/atau penonaktifan Akun;
    3. Pembatalan transaksi dan/atau pengiriman Produk;
    4. Pembatalan promo; dan/atau
    5. Pelaporan kepada pihak yang berwajib termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, dan lain-lain.
  3. Lain-lain

Berdasarkan poin 1 dan 2 di atas, Pengguna sepakat dan setuju bahwa Pengguna memiliki tanggung jawab untuk menjaga reputasi Palette maupun afiliasinya sebagai penyedia jasa platform perdagangan elektronik (e-commerce) yang terpercaya. Palette berpendirian bahwa segala tindakan atau upaya percobaan manipulasi, kejahatan, penipuan, dan/atau tindakan-tindakan pelanggaran aturan yang dilakukan oleh Pengguna yang terjadi di dalam atau dalam penggunaan Platform merupakan bentuk pelanggaran yang serius (“Pelanggaran Pengguna”).

Pengguna menyatakan bahwa kerugian yang diderita oleh Palette (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan) akibat Pelanggaran Pengguna berdampak material bagi kelangsungan kegiatan dan reputasi Palette. Kerugian yang terjadi akibat Pelanggaran Pengguna ini sulit atau tidak mungkin untuk ditentukan nilainya secara pasti, dan juga diakui bahwa tidak ada upaya hukum yang cukup untuk memperbaiki kerugian yang telah terjadi sebagai akibat terjadinya Pelanggaran Pengguna. Oleh karena itu, Pengguna setuju bahwa Palette secara mutlak berhak untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk memulihkan dan melindungi nama baiknya serta meminta penggantian kepada Pengguna yang melakukan Pelanggaran Pengguna atas kerugian yang diderita Palette termasuk namun tidak terbatas pada melakukan pemeriksaan atau investigasi (baik sendiri atau bekerja sama dengan pihak yang berwajib), memblokir akun, menghapus Konten dan/atau Akun, menegur Pengguna yang bersangkutan, melakukan pembekuan Akun Pengguna, melakukan kompensasi atas kerugian yang diderita oleh Palette sesuai ketentuan yang berlaku (“Tindakan Mitigasi Pelanggaran”).

Pengguna yang melakukan Pelanggaran Pengguna melepaskan segala hak yang dimilikinya untuk mengajukan gugatan, klaim, keberatan dan/atau upaya lainnya terhadap Palette (termasuk direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan) dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran atas Pelanggaran Penggunaan.

Perhitungan jumlah kerugian yang disiapkan oleh Palette dalam konteks ini adalah bersifat final dan mengikat. Pengguna yang diduga melakukan Pelanggaran Pengguna dapat menghubungi Customer Service Palette untuk segera melakukan penyelesaian permasalahan Pelanggaran Pengguna dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender setelah Pengguna dimaksud pertama kali menerima Tindakan Mitigasi Pelanggaran dari Palette. Tindakan Palette dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran tidak sekali-kali menghilangkan atau diinterpretasikan membatasi hak-hak Palette untuk melakukan upaya lain yang tersedia berdasarkan peraturan yang berlaku.

 

Penghentian/Perubahan Layanan dan Layanan Pihak Ketiga

  1. Palette (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Palette bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari penggunaan layanan pihak ketiga yang Pengguna akses melalui Platform. Pengguna disarankan membaca dengan seksama atas syarat dan ketentuan yang disediakan oleh pihak ketiga tersebut.
  2. Palette dapat menonaktifkan Akun Pengguna atau menangguhkan Akun Pengguna kapanpun dengan alasan apapun terutama penyalahgunaan sistem maupun hal-hal lain yang melanggar Syarat dan Ketentuan yang disediakan oleh Palette. 
  3. Palette memiliki kewenangan tanpa perlu memberikan suatu pemberitahuan terhadap Pengguna, untuk menunda, menghentikan, atau membatalkan transaksi Pengguna melalui fasilitas transaksi online apabila diketahui atau dianggap oleh Palette bahwa transaksi Pengguna akan digunakan untuk hal-hal diluar yang seharusnya.
  4. Palette dari waktu ke waktu berhak mengubah/menghentikan/menangguhkan Layanan dan/atau layanan pihak ketiga tanpa persetujuan/pemberitahuan Pengguna.
  5. Layanan mungkin memuat tautan ke situs web atau sumber pihak ketiga. Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa Palette tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas: (i) ketersediaan atau keakuratan situs web atau sumber tersebut; atau (ii) teks, produk, atau layanan pada atau tersedia di situs web atau sumber tersebut. Muatan tautan ke situs web atau sumber tersebut tidak menyiratkan dukungan apapun oleh Palette terhadap situs web atau sumber tersebut atau terhadap teks, produk, atau layanan yang tersedia di situs web atau sumber tersebut. Pengguna bertanggung jawab dan menanggung semua risiko yang timbul dari penggunaan situs web atau sumber tersebut.

 

Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

  1. Palette adalah portal web dengan jenis Business to Customer (B2C) Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat melaksanakan transaksi pembelian Produk yang disediakan oleh Penyedia Produk.
  2. Layanan disediakan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia” tanpa jaminan apapun baik tersurat maupun tersirat. Tanpa membatasi hal tersebut, Palette secara eksplisit menolak jaminan kelayakan untuk diperdagangkan, kesesuaian untuk tujuan tertentu, Layanan tidak akan terganggu, tepat waktu, aman atau bebas dari kesalahan, hasil yang mungkin diperoleh dari penggunaan Layanan akan efektif, akurat atau dapat diandalkan, kualitas semua Produk, Layanan atau informasi yang dibeli atau didapat oleh Pengguna dari Platform akan memenuhi harapan Pengguna atau tidak bebas dari kesalahan, eror atau cacat. 
  3. Layanan dapat mengandung kesalahan teknis atau lainnya, ketidakakuratan atau kesalahan pengetikan. Palette bisa melakukan perubahan atas Layanan di Platform, termasuk harga dan penjelasan dari Produk yang terdaftar di Platform, setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  4. Penggunaan Layanan atau pengunduhan atau akuisisi Konten apapun lainnya melalui Platform ini adalah atas kehendak dan resiko Pengguna sendiri dan dengan kesepakatan bahwa Pengguna akan bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kerusakan pada sistem komputer anda atau hilangnya data yang terjadi akibat aktivitas tersebut.
  5. Palette tidak membuat jaminan apapun tentang transaksi yang dilaksanakan melalui, atau sehubungan dengan Platform ini, dan Pengguna memahami dan setuju bahwa transaksi yang dilakukan di Platform adalah sepenuhnya resiko Pengguna sendiri, garansi apapun yang disediakan atau informasi yang tersedia pada atau melalui Platform ini dari pihak ketiga hanya disediakan oleh pihak ketiga tersebut, dan tidak oleh Palette atau pihak lain dari perusahaan Palette.
  6. Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan Penyedia Produk atau Partner, Pengguna melepaskan Palette (termasuk induk perusahaan, jajaran komisaris, jajaran direksi, dan/atau karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  7. Pengguna setuju dan sadar bahwa Pengguna memanfaatkan Layanan di Platform atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan yang diberikan atau Produk yang ditawarkan Palette kepada Pengguna dengan sebagaimana mestinya dan sebagaimana tersedia.
  8. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Palette (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Palette bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
    1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Platform;
    2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia di dalam Platform;
    3. Keterlambatan atau gangguan di dalam Layanan;
    4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
    5. Informasi dari Penyedia Produk atau Partner, Pengguna maupun pihak ketiga;
    6. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit, dan/atau hak paten) atau hak-hak pribadi lain yang melekat atas suatu Produk;
    7. Pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
    8. Perselisihan antar Pengguna dengan Penyedia Produk atau Partner atau antara Pengguna;
    9. Pencemaran nama baik pihak lain;
    10. Penyalahgunaan Produk yang telah dibeli Pengguna;
    11. Biaya ekstra (termasuk pajak dan biaya lainnya) atas segala transaksi yang terjadi di Palette merupakan tanggung jawab Pengguna dan hal tersebut berada di luar kewenangan Palette;
    12. Penyalahgunaan nomor kontak dan/atau alamat email milik Pengguna maupun pihak lainnya;
    13. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi Palette yang dengan cara apapun mengatasnamakan Palette ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
    14. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool lainnya) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan;
    15. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apa pun dalam Layanan;
    16. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan;
    17. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan produk yang ada dalam Platform;
    18. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada Akun Pengguna;
    19. Kegagalan dan/atau gangguan dalam penerapan teknologi baru dan/atau sistem pada fasilitas perangkat dan/atau jaringan internet yang Pengguna miliki dan/atau alami;
    20. Gangguan jaringan sehingga mengakibatkan server down dan mengharuskan dilakukannya pemeliharaan dan/atau perawatan darurat terhadap Platform;
    21. Penyalahgunaan Akun Pengguna yang terjadi karena kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan Akun kepada pihak lain, memberikan akses password kepada pihak lain, memberikan kode otentikasi pada pihak lain, mengakses link atau tautan dari pihak lain, maupun kelalaian Pengguna yang lain yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Pengguna;
    22. Tidak tersedianya layanan di Platform pada waktu kapan pun atau untuk jangka waktu yang tidak dapat ditentukan karena hal yang terjadi di luar kuasa Palette; dan
    23. Adanya kegiatan pengawasan dan pengontrolan isi/Konten dari Platform dan/atau sumber daya yang terjadi karena tautan (hyperlink) yang berada pada deskripsi Produk. Palette tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerugian yang dapat ditimbulkan dari tindakan tersebut.

  

Pembaruan dan Modifikasi Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan  dapat diubah dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pengguna agar membaca secara seksama dan memeriksa halaman setiap Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dalam hal Pengguna tidak menyetujui perubahan dalam Syarat dan Ketentuan, Pengguna berhak untuk menghentikan aplikasi/penggunaan Platform. Dengan  tetap mengakses, menggunakan aplikasi/Platform dan Layanan, maka Pengguna dianggap menyetujui setiap perubahan Syarat dan Ketentuan. 

 

Pengakhiran

Pengguna tidak berkewajiban untuk menggunakan Platform dan dapat memilih untuk berhenti menggunakannya setiap saat dengan membatalkan Akun dan secara permanen menghapus Aplikasi dari perangkat milik Pengguna, sehingga menonaktifkan penggunaan Aplikasi tersebut. Aturan Penggunaan Palette secara otomatis berakhir ketika Pengguna secara permanen menghapus Akun dan aplikasi dari perangkat.

Pengguna dapat mengakhiri Akun dengan memberitahu Palette maksud Pengguna untuk membatalkan Akun milik Pengguna. Palette akan menyelesaikan penghentian dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja.

Ketentuan Lain

  1. Kecuali dinyatakan lain dalam Aturan Penggunaan ini, piranti lunak yang dibutuhkan oleh Layanan atau yang tersedia di atau yang digunakan oleh Platform kami dan hak kekayaan intelektual dari Konten dan informasi dan materi di Platform dimiliki oleh Palette, pemasok, dan penyedianya.
  2. Pengguna tidak dapat mengalihkan hak atau kewajibannya berdasarkan Aturan Penggunaan ini kepada pihak lainnya.
  3. Apabila, sewaktu-waktu, ketentuan apapun dalam Aturan Penggunaan adalah atau menjadi tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan dalam hal apapun berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia ataupun dari yurisdiksi mana pun, maka baik keabsahan, keberlakuan atau dapat dilaksanakannya ketentuan yang tersisa maupun keabsahan, keberlakuan atau dapat dilaksanakannya ketentuan tersebut berdasarkan hukum yurisdiksi lainnya tidak akan terpengaruh atau terganggu.

 

Kontak Kami

Jika Pengguna telah memilih untuk menggunakan Layanan, penggunaan dan setiap perselisihan tunduk pada Syarat dan Ketentuan. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang privasi di Palette, silakan hubungi Palette dengan deskripsi menyeluruh, dan Palette akan mencoba menyelesaikannya. 

Pengguna dapat menghubungi Palette terkait Aturan Penggunaan ini melalui layanan Customer Service Palette melalui saluran berikut:

  • cs@palette.co.id
  • Instagram @palette_co_id
  • WhatsApp Official Palette: +6282155165437

Pengkinian Terakhir: 22 November 2022